Cara Membuat Wi-Fi Tethering (Portable Hotspot) dengan Ponsel Android

Cara Membuat Wi-Fi Tethering (Portable Hotspot) dengan Ponsel Android – Sekarang ini paket koneksi internet unlimited semakin murah, baik di jaringan GSM maupun CDMA. Platform Android menerapkan sistem umum dimana koneksi internet juga terbuka untuk umum, tidak seperti BlackBerry yang menerapkan tarif khusus pada koneksi internetnya. Hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah sebulan, kita dapat memanfaatkan koneksi internet tanpa batas melalui gadget Android tersebut, baik untuk dimanfaatkan sendiri, ataupun dibagi-bagi (tethering).

Nah, kali ini kita akan mencoba membuat koneksi Wi-Fi (area Hotspot) dengan HP Android melalui fitur tethering. Namun, metode ini hanya berlaku untuk handphone Android yang menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo keatas. Untuk Android 2.1 Eclair ke bawah, fitur ini tidak tersedia, kecuali dilakukan root terlebih dahulu.

Android tethering internet

Cara mengaktifkan Wi-Fi tether atau menjadikan handphone Android sebagai “modem” via Wi-Fi:
  1.  Masuk ke menu Settings (pengaturan)
  2. Klik Wireless & Network (nirkabel dan jaringan)
  3. Klik Tethering & Portable Hotspot (pengikatan & hotspot portable)
  4. Beri tanda centang di Portable Wi-Fi Hot Spot (hot spot wi fi portable) atau pada beberapa tipe handphone Android, tulisannya adalah Mobile AP. Pengaturan lainnya tidak terlalu diperlukan.
  5. Setelah itu Anda hanya perlu mengaktifkan wi-fi di perangkat elektronik lainnya , misalnya laptop, tablet atau handphone lainnya dan ikuti prosedur di perangkat lain untuk dapat terkoneksi ke internet.

Cara menjadikan handphone Android sebagai modem menggunakan koneksi USB:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki kabel data dan driver handphone sudah diinstall di komputer (driver biasa disertakan di CD pada paket penjualan – contoh Samsung Kies untuk Samsung Android).
  2. Hubungkan handphone Android dengan komputer menggunakan kabel data
  3. Masuk ke Settings (Pengaturan)
  4. Wireless & Network (Nirkabel dan Jaringan)
  5. Tethering & Portable Hotspot (Pengikatan & Hotspot Portable)
  6. Beri tanda centang pada tulisan “USB Tethering”
  7. Tunggu sebentar, komputer Anda sudah terhubung ke internet

Semoga bermanfaat.

Comments are closed.