Nama-nama Versi OS Android (Codename Android)

Nama-nama Versi OS Android (Codename Android) – Mungkin bagi sebagian orang istilah-istilah mengenai Android masih agak asing dan membingungkan. Hal ini mungkin disebabkan masyarakat kita lebih mengenal gadget berbasis branded handphone seperti Nokia, Blackberry dan iPhone yang langsung menjual handphone dengan merk dan sistem operasi milik mereka sendiri (Nokia dengan Symbian-nya, Blackberry dengan Blackberry OS dan iPhone dengan iOS nya).

mobile phone platform android

Berbeda dengan Android, smarthphone Android, sistem operasi Android tidak terikat ke satu merek handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung, Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain. Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.

Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi Hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Nah, kembali ke permasalahan utama mengenai versi OS yang sudah dirilis oleh Android. Sampai saat ini Android telah merilis 7 versi OS yaitu Android Versi 1.5 (Cupcake), Android Versi 1.6 (Donut), Android Versi 2.0 (Éclair), Android Versi 2.2 (Froyo), Android Versi 2.3 (Gingerbread), Android Versi 3.0 (Honeycomb), dan versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) dan versi 5.0 yang terbaru akan diberi nama Jelly Bean akan segera dirilis.

1. Cupcake – Roti Mangkuk (2.0 / 2.1)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa versi Cupcake adalah versi Android pertama yang dibuat oleh Google. Di saat itu, fitur-fitur yang dimiliki oleh si Cupcake ini masih terbilang sedikit dibandingkan dengan versi-versi Android yang lain (maklum, versi pertama). HTC G1 adalah ponsel pertama yang menjalankan OS Android 1.6 Cupcake.

Saat HTC G1 dan Android Cupcake resmi dirilis adalah disaat OS Symbian sedang mencapai popularitas tinggi, jadi mau tak mau OS Android pasrah dulu (apalagi Android belum banyak dikenal oleh negara).

2.  Doughnut  – Donat (2.0 / 2.1)

Inilah versi kedua OS Android kedua dari Google. OS ini diberi nama Doughnut (v2.1). Salah satu ponsel yang juga memaki OS tersebut adalah HTC G1. Doughnut juga memberi fitur lebih daripada OS Android 1.5 Cupcake.

3. Eclair – Kue Krim (2.0 / 2.1)

Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5.

4. Froyo / Frozen Yogurt – Yoghut Dingin (2.2) 

Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.

5. Gingerbread – Roti Jahe (2.3)

Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.

6. Honeycomb – Sarang Lebah (3.0, 3.1 dan 3.2)

Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration (Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011).

Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah vendor pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone. Karena di versi sebelumnya banyak perusahaan menginstall Android ke dalam tablet PC, yang menyebabkan user tidak puas dan akhirnya membuat citra Android tidak bagus.

7. Ice Cream Sandwich – Es Krim (4.0)

Android 4.0 Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco) dan resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Fitur utama Android ICS 4.0 ialah Face Unlock, Android Beam (NFC), perubahan major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition).

Kalau kita perhatikan dengan seksama, dari versi ke versi Android menggunakan istilah-istilah hidangan makanan dan menggunakan awalan huruf yang sesuai abjad, namun kenapa tidak dimulai dari huruf A-B dahulu melainkan meloncat ke huruf C. Masih menjadi misteri 😀

 

Terima Kasih. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.