Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile – Walaupun sama-sama aplikasi web browser untuk ponsel, tapi ternyata Opera Mini dengan Opera Mobile itu berbeda. Memang setelah dicoba Opera Mobile lebih mendekati browser Opera di PC seperti dukungan javascript, flash dll. Seperti diketahui salah satu keunggulan dari Opera Mini yang paling menonjol adalah kompresi datanya, sehingga tidak terlalu cepat menghabiskan kuota data internetmu ketika browsing. Nah disini lah yang menjadi letak perbedaannya. Berikut ini merupakan perbedaan antara aplikasi Opera Mini dan Opera Mobile :

opera-mobile--opera-mini

Opera Mini

Opera Mini, ketika suatu halaman website dibuka sesungguhnya halaman website tersebut tidak langsung diunduh ke ponsel Anda. Tetapi halaman website tersebut diunduh dahulu oleh server Opera Mini yang berada di Norwegia dan Amerika, kemudian dimampatkan atau dikompres hingga 90% (atau lebih) baru kemudian dikirim ke ponsel Anda dalam format OPML yang hanya bisa dibaca oleh Opera Mini. Setelah masuk ke ponsel, baru kemudian website tersebut ditampilkan di layar ponsel Anda dengan tampilan yang sama persis (atau mendekati) tampilan website ketika diakses menggunakan browser di komputer (PC/laptop). Dengan demikian aksesnya akan cukup cepat dan jika Anda menggunakan koneksi internet berdasar kuota (perhitungan tarif koneksi internet sesuai dengan dengan besarnya data yang dikirim/diterima) maka Opera Mini akan sangat menghemat pulsa Anda.

Opera Mobile

Opera Mobile adalah browser Opera yang bisa diinstal di ponsel dengan sistem operasi Symbian dan Windows Mobile. Opera Mobile ini mempunyai kinerja serta fungsi yang sama persis dengan browser Opera di komputer sehingga browser ini bisa menjalankan JavaScript dan bisa menampilkan website yang menggunakan AJAX dengan baik. Ketika suatu halaman website dibuka menggunakan Opera Mobile, konten dari website tersebut akan langsung masuk ke ponsel seperti halnya ketika kita membuka website menggunakan  browser di komputer –tanpa dikompres dahulu. Opera Mobile support dengan widget sehingga Anda bisa menginstal widget di ponsel untuk berbagai keperluan seperti RSS feed, Twitter, ramalan cuaca dan lain-lain. Setelah diinstal, Anda bisa menggunakan widget tersebut tanpa harus membuka Opera Mobile terlebih dahulu.

Nah, sekarang sudah jelas khan, perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih yang mana? Saya yakin untuk ponsel fitur banyak yang memilih Opera Mini, karena lebih ringan dan hemat kuota bandwidth. Namun untuk kenyamanan lebih baik memakai Opera Mobile. 

Terima Kasih.

Comments are closed.