Tips Memilih Smartphone Android

Tips Memilih Smartphone Android – Sistem operasi Android merupakan sistem operasi untuk smartphone yang sangat populer untuk saat ini. Android hadir menjadi saingan terberat untuk beberapa OS yang ada saat ini, seperti iOS yang dikembangkan oleh Apple, Symbian-nya Nokia dan Blackberry OS dari RIM. Satu kelebihan Sistem Operasi Android dibandingkan dengan iOS dan Blackberry adalah tersedia banyak pilihan handphone yang menggunakan sistem operasi Android. Berbeda dengan dengan IOS yang khusus untuk iPhone, iPod ataupun iPad dari Apple. Kenapa bisa demikian ? Ya, karena Android merupakan sistem operasi yang bersifat Open Source. Inilah kelebihannya. Jadi sistem operasi Android bisa dikembangkan oleh beberapa vendor ponsel.

Memilih Smartphone Android- Androlovers

Oleh karena hal itu, kadang kita menjadi bingung sendiri, banyak sekali merk ponsel yang mengusung sistem operasi Android. Bahkan ponsel-ponsel China bersistem operasi Android pun sudah banyak yang beredar. Berikut ini beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih smartphone Android :

1. Versi OS Android
Sampai saat ini sistem operasi tersedia dalam beberapa macam pilihan versi (update), mulai dari versi 1.5 atau CupCake, Android versi 1.6 yang dikenal dengan istilah “Donut”, Android 2.1 (Éclair), Android 2.2 (Froyo), Android 2.3 Gingerbread, Android 3.0 Honeycomb, Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan yang terbaru Android 5.0 Jelly Bean. Untuk saat ini, saat membeli sebuah Handphone Android sebaiknya Anda memilih minimal versi Android 2.2 Froyo. Yang salah satu kelebihannya adalah Anda bisa menginstal Aplikasi ke SD Card alias memori Eksternal. Berbeda dengan versi sebelumnya yakni Android 2.1 ke bawah, dimana Aplikasi hanya bisa diinstal ke memori telepon (internal), kecuali dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama App2SD dimana Anda bisa menginstal Aplikasi ke SD Card di Android 2.1 ke bawah. Selain itu juga harus diperhatikan kemampuan untuk melakukan upgrade ke versi OS terbaru.

2. Kecepatan Processor dan RAM

Sama hal nya dengan notebook atau komputer, dalam memilih smartphone juga harus dipertimbangkan Processor dan RAM yang dipakai. Semakin tinggi kecepatan processor dan kapasitas RAM tentu saja lebih meningkatkan kinerja ponsel Android Anda. Untuk kenyamanan sebaiknya Anda pilih smartphone dengan kecepatan 1GHz ke atas, bila perlu yang sudah Dual-Core dengan RAM 512MB.

2. Fasilitas dan Fitur 

Yang namanya smartphone, pastinya harus mempunyai nilai lebih dari hanya sekedar ponsel fitur biasa. Ini berhubungan dengan fasilitas/fitur yang disediakan smartphone tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Seperti Anda yang sering bepergian ke luar negeri atau luar kota tentu membutuhkan GPS. Atau fasilitas lainnya seperti WiFi, layar dengan resolusi HD dan fitur-fitur lainnya.

3. Kualitas Layar Smartphone

Layar menjadi hal penting dalam smartphone Android, baik untuk navigasi ataupun memberi kenyamanan pada mata. Karena, tidak menutup kemungkinan smartphone Android digunakan untuk membaca. Smartphone dengan resolusi HVGA, di bawah 480 x 320 pixel, tidak mendukung secara optimal pengolahan gambar aplikasi-aplikasi hiburan. Ketika memainkan game dengan grafis tinggi, Anda tidak akan menemukan sensasi game tersebut. Selain itu juga dengan layar kualitas rendah kita sering mengalami kesulitan dalam melakukan navigasi menu mengingat Android selalu menggunakan layar sentuh dalam navigasi menunya.

4. Kualitas Material Yang Digunakan

Yang diharapkan dari Android tentu tak hanya sekadar fungsinya, namun juga ketahanannya, karena Anda akan menggunakannya untuk beberapa tahun. Menjatuhkan smartphone tentu pernah dialami semua orang atau bahkan terendam air selama beberapa saat. Smartphone yang dibuat dari bahan-bahan murah tentu lebih rentan rusak. Sementara layar pada smartphone yang mengincar segmen high-end, kebanyakan telah dilapisi Gorilla Glass agar terhindar dari pecah dan gores.

5. Jaringan Yang Digunakan
Meski di Indonesia koneksi 4G masih teramat jarang, tapi tak ada salahnya jika Anda lebih memilih handphone Android yang sudah mendukung koneksi 4G, semisal HTC EVO 4G. Sehingga bila nantinya koneksi 4G mulai tersedia secara luas di Indonesia, Handphone Android Anda tidak akan terlalu ketinggalan zaman, toh sudah mendukung koneksi 4G.

Jadi, sebelum Anda memilih smartphone Android yang ingin Anda beli, ada baiknya anda mempelajari dulu tentang kriteria diatas agar anda tidak merasa tertipu dan menyesal nantinya.

Comments are closed.